Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Sunday, January 22, 2012

Jujur saja kurang pahan dengan arti sebenarnya. Tapi saya mencoba menterjemahkannya melalau wikipidea yang artinya kedalaman ruang. Ruang apaan? heheheheheheh


Sebuah photo, karena pengaruh fokus lensa, walau di setting all focus, kadang memiliki perbedaan ketajaman. Untuk medapatkan ketajaman yang sama rata, terutama pada pengambialn objek landscape diperlukan setting tertentu pada kamera. Ada 3 point yang harus diperhatikan dalam urusan rata-tidak ratanya gambar yang dihasilkan :


1. Diafragma
Pengunaan diagfragma yang lebar, akan menajamkan gambar pada titik tertentu/fokus. Sedang pengunaan diafragma yang kecil, relatif akan membuat kesan tajam pada titik tertentu itu menjadi pudar. Disarankan untuk menggunakan di 2 digit diafragma untuk memberi kesan depth of field yang baik.

2. Jarak dengan objek
Jarak yang dekat, membuat pengaruh tampilan bidang objek satu dan lainnya berbeda. Apalagi bidang antar objek memiliki jarak relatif jauh dengan dengan jarak lensa. Jarak yang relatif jauh memudarkan jarak antara objek yang satu dengan yang lain terhadap kamera. Oh ya, jarak yang dimaskud disini bukan jarak ke samping, tapi jarak depan-belakang. Bukan kiri kanan.

3. Lebar lensa yang kita gunakan.
Semakin lebar (wide angle) lensa yang kita gunakan, semakin menambah kedalam ruang yang kita peroleh. Ingat bahwa tujuan photo kita kali ini adalah tujuan photo landscape. maka disarankan untuk menggunakan lensa-lensa yang memiliki ukuran wide angle lens atau kalau bisa super wide angle lens.

Teknik Hyper focal distance kadang dipakai untuk memperoleh kedalaman ruang yang baik Mengenai teknik ini akan saya tulis pada tulisan yang lain.





0 comments:

Post a Comment