Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Saturday, December 24, 2011


Bagi yang baru menggunakan lensa kit Canon EFS 18-55mm/f3.5-5.6, mungkin informasi ini bisa membantu memahami lensa tersebut.

EFS? Code EF-S yang ada di lensa kit Canon berarti lensa tersebut di buat untuk kamera yang memiliki kotak cermin 2/3 lebih kecil dari ukuran cermin kamera 35mm/EOS biasa. Istilah ini biasa dikenal sebagai 1.6x cropping factor. Lensa-lensa EF-S memang sengaja dibuat oleh Canon untuk memenuhi pasar pengguna kamera-kamera kelas menengah. Point-nya adalah terletak di kameranya. Kamera-kamera yang suport lensa-lensa EF-S dikenal juga dengan istilah kamera sub-frame. Kamera-kamera ini bisa juga menggunakan lensa dengan code EF, atau lensa-lensa yang suport dengan kamera-kamera full frame. Namun Kamera-kamera full frame tidak bisa menggunkan lensa dengan kode EF-S.

Angka 18-55mm menujukan panjang fokal lensa tersebut. Maksudnya pada lensa kit Canon ini kita leluasa memilih panjang fokal dari 18mm sampai dengan 55mm. Inilah yang dimaksud juga dengan lensa zoom.
Panjang fokal adalah panjang antara titik fokus lensa dengan titik sensor kamera. Nah panjang fokal lensa ini menentukan lebar-luasnya cakupan pandang yang bisa diterima oleh kamera. Misalnya lensa dengan panjang fokal 18mm memiliki lebar-luas cakupan pandang lensa yang lebih dibandingkan dengan lensa dengan panjang fokal 35mm.

Angka f3.5-5.6 menunjukan keterangan diafrahma lensa. Keterangan angka seperti ini menunjukan bahwa bila kita merubah panjang fokal lensa, misalnya dari 18mm ke 35mm, besar diafrahma lensa secara otomatis juga akan berubah. Ingat bahwa semakin besar angka diafrahmanya, semakin kecil bukaan lensa untuk menerima cahaya yang masuk ke dalamnya. Angka f3.5 juga menunjukan angka bukaan lensa terbesar yang dimiliki lensa tersebut.

Image Stabilizer, sesuai artinya, menerangkan bahwa lensa tersebut memiliki kemampuan meredam getaran ringan yang terjadi terutama pada saat kita memencet tombol kamera/pengambilan gambar. Fungsi stabilizer ini bisa di atur on/off-nya di tombol yang tersedia pada lensa kit.

AF/MF, keterangan untuk memilih tombol Automatic/Manual Fokus pada lensa.

Simbol close up/0.25m/0.8ft, menerangkan lensa kit dapat menangkap gambar dengan baik bila objek memiliki jarak paling tidak 0.25m/25cm atau 0.8feet dari lensa.

Mudah-mudahan bermanfaat.....

0 comments:

Post a Comment