Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Friday, December 23, 2011

Mungkin ini adalah pengalaman berharga saat itu. Ketika suatu sore jalanan sungguh macet di Bali, dan kesempatan untuk mencapai jimbaran, yang saya harapkan sore itu, sudah tidak memungkinkan lagi. Saya memilih untuk mencari lokasi lain sebagai objek photo.

Pelabuhan Benoa saya datangi. Sempat berputar-putar setengah jam disana. Karena hari masih cukup terik,  Tempat itupun saya tinggalkan. Kemudian saya mencoba ke Pantai Merta Sari, beberapa kilo dari pelabuhan Benoa.

Keadaan pantai masih ramai, situasi yang kurang saya sukai untuk photo landscape. Setengah jam saya habiskan untuk sekedar melihat kesempatan memilih objek yang kira-kira bagus, menurut saya. Namun akhirnya sayapun menyerah.

Karena haripun mulai gelap, dan sudah terlihat garis-garis langit yang indah, saya putuskan untuk menuju pulau Serangan. Jalannya ke arah Pelabuhan Benoa, namun kira-kira ada dipertengahan. Saya pun bergegas menuju ke sana, sambil berharap tidak ketinggalan moment.

Sambil melihat terus ke arah barat, ke arah langit yang mulai nampak kuning-jingga, saya mulai memilih-milih lokasi. Dan mungkin ini lokasi yang tidak pernah terfikir oleh siapapun, untuk acara photo-memoto. Tapi mungkin untuk acara lainnya, saya bisa pastikan itu. Tempatnya agak tersembunyi, sepi dan memenag terlihat beberapa pasangan sedang melakukan enath apa di sana.


Fokus pada satu titik adalah salah satu pilihan untuk membuat photo terlihat menarik. 


Dalam photo ini "kebetulan" ada pesawat yang baru saja terbang dari Bandara Ngurah Rai. Fokus seperti ini biasa disebut sebagai Point of Interest. Atau secara sederhana bisa dijelaskan sebagai titik tuju pertama ketika kita melihat photo tersebut. Tujuannya untuk mengarahkan pencinta photo pada thema dari photo. (Saya sebenarnya kurang menyukai kata fokus pada tema kali ini. Tapi supaya bisa lebih dimengerti, saya biarkan kata-kata fokus tersebut.)

Mengenai posis, letak, besar, kecil, tajam, terang, gelap titik tuju ini, bisa kita sesuaikan dengan gambar yang kita lihat di view finder. Tentunya faktor luck dan kebetulan kadang bisa terjadi. Namanya juga menangkap moment.

Selamat mencoba....

0 comments:

Post a Comment